Guru Penggerak mengambil peran untuk mengimbaskan kepada rekan-rekan guru dalam lingkup seluas mungkin tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam melakukan pendidikan yang berpihak pada Anak. Untuk berpihak pada anak, guru harus terus belajar rendah hati mendengarkan dan melihat kebutuhan anak. Kebutuhan anak yang beragam, sesuai kodrat dan zamannya dapat difasilitasi salah satunya melalui pembelajaran yang berdiferensiasi.
Diferensiasi dapat dilakukan pada proses, konten, hingga produk belajar. Untuk memastikan pembelajaran tetap dalam jalur yang benar/sesuai, maka sejak awal tujuan belajar harus jelas. Sedangkan untuk keperluan penilaian pun sejak awal murid berhak untuk mengetahui rubrik penilaian yang berlaku. Bahkan, bukan tidak mungkin untuk bersama-sama memutuskan rubriknya secara terbuka dengan murid. Dalam pengalaman penulis menerapkan diferensiasi, motivasi intrinsik murid seringkali justru terpacu dengan sendirinya.
Comments
Post a Comment