PROGRAM GURU PENGGERAK (PGP)- RENCANA AKSI 1.3 (VISI CGP)

Lokakarya 1 - November 2020


Pendidikan bagi CGP dalam Program guru penggerak dipandu dengan urutan materi dan aktivitas dalam LMS (Learning Manajemen System). Di setiap akhir modul, CGP akan merancang Aksi Nyata sdebagai bentuk tindakan nuata dari guru penggerak di dalam komunitas/ekosistem karya pendidikannya.

Pola ini sangat menantang, dan benar-benar diarahkan sebagai langkah transformasi pendidikan. Bagaimana tidak? Bila setiap aksi CGP mau tidak mau akan melibatkan MINIMAL siswa kelasnya, dan berkolaborasi dengan unsur-unsur lain di lingkungannya.

Untuk Modul kali ini, rencana aksi didahului dengan analisis menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) dan langkah-langkah BAGJA.

PGP adalah sebuah gerakan, bukan hanya CGP yang bergerak, namun ia harus pula menggerakkan komunitas beljar di lingkungannya. Di bawah ini adalah salah satu Rancangan Aksi terkait dengan Visi CGP yang diselaraskan dengan Visi lembaya tempat CGP berkarya. Semoga bermanfaat untuk menginspirasi ekosistem pendidikan dalam ranah lokal, yang pasti akan berdampak bagi pendidikan secara nasional. Salam Guru Penggerak, Merdeka Belajar.





Comments